Selasa, 12 Februari 2013

pembuatan mobil


Mercedes-Benz
Jenis Divisi dari Daimler AG
Industri Otomotif
Pendahulu Benz & Cie.
Daimler Motoren Gesellschaft
Didirikan Mannheim, 1886
Pendiri Karl Benz
Gottlieb Daimler
Kantor pusat Bendera Jerman Stuttgart, Jerman
Tokoh penting Dieter Zetsche, CEO
Produk Otomobil
Truk
Bus
Mesin
Induk Daimler AG
Situs web www.mercedes-benz.com
Mercedes-Benz 300Sc Cabriolet tahun 1957
Mercedes-Benz (pengucapan bahasa Jerman: [mɛʁˈtseːdəs ˈbɛnts]) adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki tingkat keamanan tinggi.
Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen.[1] serta jasa dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.[1]

Daftar isi

Sejarah

Asal perusahaan ini di awal 1880-an, ketika Gottlieb Daimler dan Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler dan Wilhelm Maybach, yang bersama menemukan Mesin empat-tak, bekerja sama di Cannstatt (kota di distrik Stuttgart); Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan kedua penemu pernah bertemu.
Pada awal 1900-an, mobil Daimler dibuat di Untertürkheim (juga sebuah kota di distrik Stuttgart) dijual dengan sukses oleh agen Austria yang bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya, Mercédès.
Saat ini mercedes-benz sedang merambah marketing mereka melalui media online.

Jajaran Produk

Daftar produk-produk mobil penumpang Mercedes-Benz yang diproduksi tahun 2011:

Mercedes-Benz SLR McLaren

SLR McLaren wana silver pada acara European Motor Show di Brussels tahun 2006
Antara tahun 2003 dan 2009, Mercedes-Benz memproduksi mobil sport dalam jumlah terbatas bersama dengan McLaren Automotive. Proyek ini merupakan bentuk kolaborasi tambahan setelah mereka bekerja sama di Formula Satu yang sebagian saham timnya dimiliki Mercedes.
Mercedes-Benz SLR McLaren memiliki bodi carbon fibre dengan mesin V8 5.4L dengan supercharger. Mesin ini menggunakan silinder blok yang sama dengan SL55 AMG dan CLS55 AMG, meskipun dimodifikasi sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal 460 kW (625 PS; 617 bhp) dengan torsi 780 N·m (575 ft·lbf). SLR McLaren mempunyai kecepatan maksimum sekitar 337 km/jam.

Penamaan mobil

Sampai tahun 1994, Mercedes-Benz menggunakan sistem alfanumerik untuk mengelompokkan mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang menunjukkan kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dan diikuti huruf-huruf yang menandakan tipe bodi dan tipe mesin.
  • "C" menandakan bahwa model bodinya coupe/cabriolet.
  • "D" berarti menggunakan mesin diesel.
  • "E" (untuk "Einspritzen") berarti memakai mesin bensin dengan injeksi. Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan "D" atau "E" maka memakai mesin bensin karburator.
  • "G" melambangkan kendaraan off-road Gelandewagen.
  • "K" digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin dengan supercharger ("Kompressor").Untuk SSK, K nya adalah "Kurz" (short-wheelbase/sumbu roda pendek).
  • "L" melambangkan "Leicht" (lightweight) untuk model sedan sport, dan "Lang" (long-wheelbase/sumbu roda panjang) untuk model sedan.
  • "R" singkatan dari "Rennen" (racing/balap), digunakan untuk mobil balap. (contohnya 300SLR).
  • "S" berarti "Sport" untuk model performa tinggi atau "Special" untuk model teratas/unggulan.
  • "T" singkatan dari "Touring" dan menandai jenis mobil estate/station wagon.
Untuk beberapa model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu tidak sesuai dengan kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya untuk menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.
Setelah tahun 1994, Mercedes-Benz memperbaharui sistem penamaan mobil mereka. Sekarang, model-model mobil dikelompokkan dalam kelas-kelas yang penamaannya sampai 3 huruf (lihat di atas), kemudian diikuti dengan 3 digit angka (atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan modl sama (seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi diberikan huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu pasti. Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.
Sama seperti sebelumnya, 3 nomor pada model-model Mercedes-Benz tidak mempunyai hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut. Nomor tersebut terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin. Contohnya, E250 CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI karena adanya perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin 1.8L.
Beberapa model juga ditambahi beberapa fitur khusus yang disimbolkan dengan:
  • "4Matic" berarti mobil itu menggunakan penggerak 4 roda.
  • "Bluetec" menandakan mesin diesel dengan pipa gas buang selective catalytic reduction.
  • "BlueEfficiency" menandakan adanya fitur efisiensi bahan bakar (injeksi, start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
  • "CGI" (Charged Gasoline Injection) menandakan Injeksi bensin langsung.
  • "CDI" (Common-rail Direct Injection) menandakan mesin diesel dengan teknologi common-rail.
  • "Hybrid" menandakan mobil hybrid.
  • "NGT" menandakan menggunakan bahan bakar gas.
  • "Kompressor" menandakan mesin dengan supercharger.
  • "Turbo" menandakan mesin dengan turbocharger, hanya digunakan di model Kelas A, B,Е dan GLK.

Produksi

Disamping negara aslinya Jerman, mobil-mobil Mercedes-Benz juga diproduksi/dirakit di negara-negara berikut:
  • Argentina (bus, truk dan van Sprinter. Pabrik pertama Mercedes-Benz diluar Jerman.)[2]
  • Austria (G-Class)[3]
  • Bosnia dan Herzegovina
  • Brasil[4] Memproduksi truk, bus dan C-Class. Didirikan 1956.
  • Kanada
  • Mesir melalui Egyptian German Automotive Company
  • Hungaria (konstruksi dari pabrik baru ini diumumkan tanggal 18 Juni 2008 untuk generasi berikutnya dari A- dan B-Class)[5][6]
  • India[7]
  • Indonesia[8]
  • Iran (Diberhentikan sejak 2010[9])
  • Malaysia[10]

Kejuaraan Balap Mobil

Formula 1

Mercedes-Benz ikut ambil bagian di kejuaraan dunia ini tahun 1954 dan 1955, tapi karena gagal untuk merebut gelar juara untuk Juan-Manuel Fangio,[17] perusahaan ini memutuskan untuk keluar setelah ikut 2 musim saja. Padahal Juan adalah salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang sejarah.[18]
Mercedes-Benz kembali ke arena ini sebagai pemasok mesin pada tahun 1990 dan memiliki sebagian saham dari Team McLaren.[19] Kerjasama ini terbilang sukses, termasuk dengan kemenangan Mika Häkkinen tahun 1998 dan 1999 serta Lewis Hamilton tahun 2008. Kerjasama dengan McLaren berlanjut hingga pembuatan mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren.
Tahun 2007, McLaren dan Mercedes didenda 100 juta dolar AS karena mereka mencuri data teknik rahasia milik Ferrari.[20]
Tahun 2009, Brawn GP, tim Formula Satu debutan milik Ross Brawn yang memakai mesin Mercedes, menang sebagai juara konstruktor pada tahun itu dan juga menjadikan Jenson Button sebagai juara pembalapnya. Pada akhir musim, Mercedes-Benz menjual kepemilikan saham McLaren sebanyak 40% ke McLaren Group dan membeli 70% saham tim Brawn GP. Maka, ditahun 2010 nama tim berubah menjadi Mercedes GP dan tim ini menjadi tim milik Mercedes-Benz.

Inovasi

Banyak teknologi-teknologi mobil yang telah ditemukan oleh pabrikan Mercedes-Benz sepanjang sejarah mereka berdiri, diantaranya:
  • Mesin pembakaran dalam, ditemukan oleh Benz dan Daimler & Maybach tahun 1886.
  • Daimler menemukan radiator honeycomb yang masih digunakan oleh semua kendaraan berpendingin air sampai saat ini.
  • Daimler menemukan karburator yang masih digunakan sampai akhirnya belakangan ini digantikan oleh injeksi.
  • "Chassis drop"— mobil yang dinamai "Mercedes" oleh Daimler adalah mobil pertama dengan konfigurasi modern, mempunyai "carriage" lebih rendah dan satu set as depan belakang, menggunakan Mesin depan dan penggerak roda belakang. Mobil-mobil sebelumnya adalah "horseless carriages", mempunyai titik pusat gravitasi tinggi dan konfigurasi mesin dan drivetrain yang beragam.
  • Mobil penumpang pertama yang memiliki rem di keempat rodanya (1924).[21]
  • Sistem konstruksi pengaman mobil dengan crumple zones depan dan belakang, pertama kali dikembangkan oleh Mercedes-Benz tahun 1951. Penemuan ini dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting di konstruksi otomotif khususnya bagian keamanan.[22][dibutuhkan verifikasi sumber]
  • Tahun 1959, Mercedes-Benz mematenkan sebuah alat yang dapat menghindari slip dengan cara mengatur kerja mesin, transmisi, dan rem mobil. Tahun 1987, Mercedes-Benz mengaplikasikan patennya ini dengan memperkenalkan sistem kontrol traksi.
  • Kontrol traksi dan airbag untuk pasar Eropa merupakan inovasi dari Mercedes-Benz. Teknologi ini diperkenalkan tahun 1986.
  • Mercedes-Benz adalah pabrikan pertama yang menggunakan sabuk pengaman pretensioner pada S-Class tahun 1981. Pada saat terjadi tabrakan, sebuah pre-tensioner akan mengencang dengan sendirinya, sehingga menghindari penumpangnya dari cedera yang lebih serius.
  • Bulan September 2003, Mercedes-Benz memperkenalkan transmisi otomatis pertama di dunia dengan 7 percepatan yang mereka namakan 7G-Tronic.
  • Program Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist,[23] dan berbagai macam perangkat keamanan lainnya, semuanya dikembangkan, dites, dan diimplementasikan di mobil penumpang pertama kali oleh Mercedes-Benz. Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini. Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang. Sebagai hasilnya, sekarang crumple zones dan anti-lock braking system (ABS) menjadi standar di hampir semua mobil-mobil modern.[22][dibutuhkan verifikasi sumber]
Mesin Mercedes M156
  • Mesin 8 silinder paling bertenaga di dunia saat ini adalah milik Mercedes-AMG, 6208 cc M156 yang mempunyai tenaga 85 PS per 1000cc-nya. Mesin V8 ini dinamai '63 AMG', dan digantikan oleh mesin M113 '55 AMG' di banyak model. Mesin M156 ini mampu memproduksi tenaga sampai 391 kW (532 PS; 524 bhp), tapi pencapaian tenaga ini agak sedikit berbeda di tiap-tiap modelnya.[24]
  • (W211) E320 CDI yang menggunakan Mesin V6 2.8L diesel dengan variable geometry turbocharger (VGT) dan common rail berhasil mencatat 3 rekor uji ketahanan dunia. Mobil ini mampu menyelesaikan 100.000 mil (160.000 km) dengan kecepatan rata-rata mencapai 224.823 km/jam. 2 mobil lainnya yang identik berhasil memecahkan rekor yang sama untuk menyelesaikan 100.000 km dan 50.000 mil(80.000km). (semua rekor ini diresmikan oleh FIA).[25]
  • Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.
Sederet penemuan perangkat keamanan membantu Mercedes-Benz memenangkan penghargaan Safety Award di penghargaan "What car?" tahun 2007.[21]

Lihat pula

Referensi

  1. ^ a b "Mercedes-Benz History". Edmunds.com. Diakses pada 26 September 2010.
  2. ^ "/// Mercedes-Benz Argentina ///". Mercedes-benz.com.ar. Diakses pada 26 September 2010.
  3. ^ Martin, Norman, "Going, Going, Graz ", Automotive Industries.
  4. ^ "DaimlerChrysler". DaimlerChrysler. Diakses pada 26 September 2010.
  5. ^ "Mercedes-Benz Plant Kecskemét". Daimler-Benz. Diakses pada 15 Oktober 2009.
  6. ^ "Germany: Daimler Selects Plant Site ", New York Times, 19 Juni 2008. Diakses pada 15 Oktober 2009.
  7. ^ "Mercedes-Benz India – Passenger Cars Homepage". Mercedes-benz.co.in. Diakses pada 26 September 2010.
  8. ^ "Mercedes-Benz Indonesia – Passenger Cars homepage". Mercedes-benz.co.id. Diakses pada 26 September 2010.
  9. ^ "Daimler to sever links with Iran ", (BBC News), 14 April 2010.
  10. ^ DaimlerChrysler Malaysia
  11. ^ "Anambra Motor Manufacturing Company Ltd". Anammco.com. Diakses pada 26 September 2010.
  12. ^ "South Africa's automotive industry". SouthAfrica.info. Diakses pada 26 September 2010.
  13. ^ "Thonburi Group:Serving the Thai market for more than six decades". Diakses pada 15 Oktober 2009.
  14. ^ Mercedes-Benz Türk A.Ş
  15. ^ "MBUSI Products/Models". Mbusi.com. Diakses pada 26 September 2010.
  16. ^ "Mercedes-Benz Vietnam Company Overview". mercedes-benz.com.vn. Daimler AG. 23 Januari 2010. Diarsipkan dari yang asli pada 23 November 2010. Diakses pada 23 November 2010. "Established in 1995...Mercedes-Benz Vietnam....supplies both passenger cars and commercial vehicles to the market."
  17. ^ "The official Formula 1 website". Formula1.com. 24 Juni 1911. Diakses pada 26 April 2009.
  18. ^ "Enciclopedia Britannica". Britannica.com. Diakses pada 26 September 2010.
  19. ^ "Ilmor: Bowmen of the Silver Arrows". Atlasf1.autosport.com. Diakses pada 26 April 2009.
  20. ^ "FIA: $100M fine handed to Mercedes". FIA. Diakses pada 26 April 2009.
  21. ^ a b "Magazine". Roadsafe.com. Diakses pada 26 September 2010.
  22. ^ a b "Mercedes-Benz Safety Innovations". Theautochannel.com. 13 September 2010. Diakses pada 26 September 2010.
  23. ^ Mercedes Introduces PRE-SAFE Brake Safety System Posted on 22 June 2006, The Unofficial Mercedes-Benz Weblog
  24. ^ "Mercedes-AMG 6.2-litre V8 Engine : News & Reports : Motoring". Web Wombat. 13 Juli 2005. Diakses pada 26 September 2010.
  25. ^ "New Mercedes Diesel Engine Breaks World Endurance Record". Edmunds.com. Diakses pada 29 September 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar